Spiga

Soto Betawi H. Husen - Kuah Santan Menggugah Selera

Text : Windha Fuji Ayu
Berawal dari ikut bantu-bantu di warung soto milik pamannya, akhirnya H. Husen yang merupakan generasi ketiga ini mendirikan sebuah warung soto sederhana di Jl. Padang Panjang, No. 6 C, Manggarai-Jakarta Selatan. Warung soto yang berdiri 19 tahun silam ini memang sudah terkenal, karena cita rasa dan kualitasnya yang enak dengan harga yang terjangkau, dari 1 porsinya Rp. 15.000 dan 1 1/2nya Rp. 20.000.
Warung yang menyajikan ciri khas makanan berkuah Betawi ini menghabiskan 100 kg daging sapi asli, mulai dari daging khas sampai jeroan setiap harinya. Salah satu keistimewaan soto betawi miliknya adalah mengutamakan kualitas. “Meski sudah laris, untuk saat ini saya masih tetap fokus pada satu warung ini saja, toh rejeki enggak kemana,” ungkap H. Husen. Racikan bumbu-bumbu the real soto betawinya memang membuat rasa penasaran untuk mencicipinya, maka tak heran banyak pengunjung yang kerap kehabisan. ”Karena saya buka mulai jam 7 pagi sampai 5 sore, tetapi biasanya jam 3 sore juga sudah habis,” tambah H. Husen yang kerap memberangkatkan para karyawannya ke tanah suci dari hasil usahanya ini.
“Setiap makan siang, selalu makan disini bersama dengan teman-teman kantor,” ujar salah seorang pelanggan ketika ditemui di warung Soto Betawi H. Husen ini. Maka tak heran, kakek dua orang cucu ini terlihat sibuk ketika jam makan siang karena memang beliau ikut membantu para karyawannya dalam menyajikan soto-nya ke hadapan pelanggan. “Walaupun begitu, hubungan baik dengan keluarga tetap saya jaga, jujur dan terbuka adalah kuncinya,” tegasnya.

0 komentar: